:: telp. (0752) 7834358 +6281261099884 smikagam@gmail.com smkbatutaba@gmail.com
Info Sekolah
Saturday, 15 Jun 2024
  • Motto SMK Negeri 1 Ampek Angkek : Mengembangkan kompetensi dan profesionalisme untuk mencerahkan anak bangsa
15 March 2022

Pembelajaran Tatap Muka di SMKN 1 Ampek Angkek

Tuesday, 15 March 2022 Kategori : Kurikulum

SMK Negeri 1 Ampek Angkek telah memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh, dan PTM mulai dilaksanakan di seluruh sekolah di Indonesia sejak beberapa saat lalu setelah hampir dua tahun dilakukan secara daring. Meski begitu, pelaksanaan PTM haruslah tetap memperhatikan protokol kesehatan supaya tidak terjadi penyebaran virus di lingkungan sekolah yang dapat membahayakan siswa dan guru.

PTM terbatas yang mulai dilaksanakan di sekolah-sekolah tentunya jangan sampai menjadi pusat penyebaran virus Covid-19 yang bukan saja membahayakan siswa dan guru tetapi juga keluarga di rumah. Oleh sebab itu pihak sekolah harus benar-benar membuat peraturan yang jelas mengenai prosedur pelaksanaan PTM tersebut.

Tips Aman Mengikuti PTM Selama Pandemi

Baik siswa maupun guru dan seluruh staf yang ada di lingkungan sekolah harus sama-sama melaksanakan protokol kesehatan selama PTM berlangsung. Lalu hal apa sajakah yang hendaknya dilakukan agar PTM selama masa pandemi bisa dilakukan dengan aman? Inilah tips-tips yang dapat dilakukan agar PTM berjalan aman dan lancar.

1. Memakai Masker 

Pastikan semua orang yang berada di lingkungan sekolah selalu memakai masker dengan benar. Disarankan untuk menggunakan masker 3 lapis untuk memaksimalkan fungsinya dalam mencegah paparan virus. Jika diperlukan bawa persediaan masker cadangan yang bersih di dalam tas supaya kalau kotor bisa segera diganti. Pakailah masker dengan benar yaitu semua bagian mulut dan hidung tertutupi dan segera ganti kalau masker kotor, basah ataupun rusak.

2. Menjaga Jarak Aman

Selama di sekolah usahakan untuk selalu menjaga jarak yang aman dengan orang lain. Upaya menjaga jarak tersebut telah dilakukan oleh sekolah dengan memberikan jeda antar bangku siswa supaya sebaran virus dapat diminimalisir. Bukan hanya saat di kelas saja namun ketika melakukan aktivitas lainnya di sekolah tetap jangan berkerumun. Jarak yang disarankan adalah sekitar 1,5 meter dengan orang lain.

3. Sering Mencuci Tangan

Tips berikutnya supaya pembelajaran tatap muka tetap aman yaitu sering mencuci tangan terutama setelah menyentuh barang-barang di kelas seperti meja, kursi dan lain-lain. Pastikan cuci tangan hingga bersih dan menggunakan sabun lalu keringkan dengan tisu bersih. Sebagai antisipasi kalau tempat mencuci tangan cukup sulit dijangkau ada baiknya membawa hand sanitizer sebagai pengganti sabun.

4. Bawa Bekal Sendiri

Sebaiknya kamu juga membawa bekal sendiri untuk dimakan di sekolah agar terjamin kebersihannya. Setelah terjadinya pandemi memang kantin sekolah tidak boleh dibuka untuk menghindari penularan virus Covid-19. Pilih menu makanan yang sehat supaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Pastikan juga peralatan makan seperti sendok juga kamu bawa dari rumah.

5. Sudah Divaksin

Syarat utama untuk dapat mengikuti PTM di masa pandemi adalah sudah divaksinasi lengkap sebanyak dua dosis. Jadi pastikan kamu sudah mendapatkan vaksin lengkap sebelum mengikuti PTM di sekolah. Demi mensukseskan vaksinasi untuk anak sekolah dengan melakukan vaksinasi massal di sekolah.

6. Surat Izin dari Orang Tua

Pihak sekolah juga memberikan syarat supaya siswa dapat mengikuti PTM di sekolah yaitu adanya surat izin dari orang tua. Bagi yang tidak mendapatkan izin dari orang tua maka belum bisa mengikuti PTM dan masih harus belajar secara daring. Jadi setiap siswa yang akan mengikuti kegiatan PTM di sekolah maka harus membawa surat izin tertulis dari orang tua masing-masing.

Dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan maka kegiatan pembelajaran tatap muka dapat dilakukan secara aman dan lancar. Sudah sepatutnya bahwa setiap sekolah harus memperhatikan hal tersebut demi keamanan bersama.

1 Comment

Gusti Kamal , Tuesday 22 Mar 2022

intensitas kedatangan guru tamu mesti ditingkatkan di semua kompetensi keahlian, agar siswa memeiliki kompetensi yang cocok dengan kebutuhan industri.

Reply

Tinggalkan Komentar